Sabtu, 02 Desember 2017

Aranio Rafting Trip, Wisata Air di Pinggir Kota

Diposting oleh putri di 09.17
Fuh fuh fuh, maaf blog ini penuh dengan debu dan sarang laba-laba.
Blog yang mayoritas isinya curahan hati empunya dan kisah perayaan hari ulang tahunnya saja.

Agak deg-degan mau nulisnya, tapi di-skip aja kisah ketidak konsistenitasnya empunya di blog ini, kembali ke judul ...

Yap, dihari libur kemerdekaan kemaren aku sama temen-temen geng (arisan brondong - udah pernah cerita sedikit ditulisan ulang tahun) liburan dadakan. Sebenarnya udah sering yang dadakan-dadakan gini, karna yang direncanain biasanya suka malah gagal.

Sebenarnya tujuan liburan ini sudah pernah kita bahas sebelum-sebelumnya namun cuma sekedar dapet respon dalam percakapan grup LINE seperti ini:

"Yuks ah"
"Akur"
"Acc"
"Ayooooo"

Dan singkat cerita, akhirnya aku, Yunita, Vicka, Nindy, Ocha, dan Ida berangkat dengan menempuh perjalanan sekitar 30-45 menit (versi cewe-cewe mantan cabe naek motor yee). Sempet ogah-ogahan jadi-engga-jadi-engga-jadian aja yuk (eh itu pengennya jomblo, maap), personil awalnya 3 jadi 5 jadi 6 orang akhirnya tanpa sosok laki-laki (kita udah biasa sih, walau kadang ngerasa ngenes juga).

Dengan ditemani rinai hujan gerimis rintik hadir bersama kenangan, kita sampai diwaktu udara kaya awal pedekatean ama gebetan, dingin tapi tetep ingin selalu didekatnya (et dah, baper mulu seh). Eh, tapi bener deh, atmosfer dari kota langsung kehapus gitu, kita kaya ngelewatin pintu dengan dua alam berbeda, alam kota dan alam yang memang alami banget, padahal ga jauh-jauh amat dari kota.


ARANIO RAFTING TRIP

Aranio, namanya mungkin udah ga asing buat sekitaran warga kota Banjarmasin-Banjarbaru-Martapura dan sekitarnya. Kalau mau liburan yang ga jauh dari bukit dan air, Aranio jawabannya. Aranio sendiri sebenarnya adalah nama Kecamatan yang secara geografis masuk wilayah Kabupaten Banjar, tetapi untuk menuju kesana memang lebih gampang lewat Kota Banjarbaru.

Dan Sungai Kembang (sungai kambang, biasa disebut warga lokal) adalah salah satu bagian dari Aranio yang ga bakal bisa jadi mantan (harus dilupakan). Sungai yang dihiasi dengan butiran air terjun kecil ini menjadi daya tarik bagi masyarakat kota yang dilundung rasa penat.


Nah, kalau biasa di Sungai Kembang bermain-main air dialiran arus kecil antara bebatuan-bebatuan, sekarang di sungai kembang ada yang baru nih namanya Aranio Rafting Trip. Dari namanya udah bisa kebayangkan kalo ini adalah salah satu wisata air yang mengajak pengunjungnya untuk melakukan perjalanan air.

Bu-Ibu Yasinan Maen Aer

Untuk menikmati Aranio Rafting Trip ini cukup bayar tiket Rp. 25.000 dan nantinya kita akan disediakan pelampung, helm dan ban, jadi udah safety yaa (tinggal kitanye aja kagak pecicilan). Tapi untuk penyimpanan barang pribadi belum ada fasilitas khusus, kita bisa titipin di warung-warung yang ada di sekitar Sungai Kembang, bayarnya? cukup kasih se ikhlasnya atau beli aja daganganya :)

Setelah perlengkapan sudah siap, kita akan diantar ke dataran yang lebih tinggi karena sudah khakekatnya yee air mengalir dari yang tingi ke yang rendah. Tapi, itu bukan titik awal rafting-nya, kita mesti jalan dulu melewati hutan dengan medan yang terjal, menyusuri tepian sungai dan menyebrangi beberapa aliran sungai kecil.

Keramba Ikan - dalam perjalanan menuju titik awal Rafting
Salah satu arus dalam rute Rafting
Titik Awal Perjalanan air

Sempet kaget karena ga nyangka harus ngelawatin rute sebegitu terjalnya dan harus bawa-bawa ban segede badan (lebih gede ban kayanya). Tapi, tenang aja kita ditemenin guard yang bakal jadi pemandu dan pembawa ban (hahaha). Eh, tapi seru deh, biarpun cape jalan, tapi pemandangan selama perjalalannya tjakep!


Ini tak sesulit menahan rindu saat kau tak berkabar
Ini bukan titik awal, ini harus disebrangin lagi ya mba-mba


Oya, tips ni ya, PENTING BANGET pokonya lah, kudu dipersiapkan kalo mau kesini minimal banget bawa casing anti aer yak atau kalo mau lebih modern bawa gopro atau apalah itu kamera yang memang buat maenan aer-aer an deh. Nih, percaya kaga percaya ya, momen-momen ini diabadikan dengan mengorbankan handphone aku yang dibungkus pake triple palstik gula setengah kiloan yang digantung dileher pake tali rapia, jadi kalo hasilnya agak seperti kamera VGA ya mohon mohon maap aja nih


captured by HP dibuntel plastik gula
Kaya pake efect apa gitu

Next, agak bingung mau kasih kesimpulan cerita ini lucu atau sedih. Jadi, entah bagaimana kronologi pastinya, YUNITA KECEBUR dan hampir tenggelam serta hanyut bersama kegalauannya. Pas banget posisi dia didepan aku dan pas banget aku lagi ON Video. Wah parah tu semua orang pada panik, dia jatoh tepat setelah hantaman arus gede bertubi-tubi.

Tapi, maaf aja nih yee yun, jujur akunya masih ngakak kalo inget muka yunita yang ke-engap-engap-an keminum aer sambil satu tangan berpegang erat pada tali ban dan tangan satunya lagi mencoba mengayun di aer berharap berenang dengan tenang (jelas kaga bisa, arusnya gede cuui). Kelucuan cuma sepersekian detik dan setelah nya aku sadar kalau yunita dalam bahaya (maaf, otak kitanya emang rada lola), aku langsung kasih kaki buat jadi peganggan penolong. Maap maap nih yun, tangan pegang HP, gue takut kecebur juga, jadi kaki juga udah cukup bisa nolong lah yaaa

Yunita & senyumnya (sebelum tenggam)
(kalo ga salah) lagi kebiungungan nyari kepala yunita dalem air

But, over all. Seneng banget banget banget pokoknya. Aku rekomendasiin deh buat yang lagi stress-stress ama hiruk-pikuk nya rutinitas, coba main-main kesini. Wisata murah meriah dengan jutaan tawa. Dateng aja langsung ke Sungai Kembang (udah ada di google map) dan kalo mau tau sekilas dlu bisa cek di instagram dengan kata kunci aranio, pihak pengelola sudah promosi dengan beberapa kegiatan. Nah, karna ini bukan tempat romantis buat berdua-duan, jadi jangan lupa ajak temen-temen atau keluarga biar ramean. Bawa bekal yang banyak ya, abis seru-seruan pasti laper (gue banget), tetep jaga keselamatan diri sendiri dan jaga kebersihan lingkungan yaaa




Sisi lain Sugai Kembang - bawah jembatan
*Ga sempet foto spot-spot lain, menikmati quality time-an banget*

SELAMAT BERLIBUR

------




0 komentar:

Posting Komentar

 

Masih Belajar Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review